Selasa, 21 Oktober 2014

Tentang Multimedia “(proses prmbelajaran penulis)”


1) Jelaskan definisi Multimedia dan sebutkan fungsinya ?
2) Jelaskan sejarah singkat Multimedia ?
3) Apa yang dimaksud dengan sistem multimedia Stand Alone Berbasis Jaringan ?
4) Jelaskan pengaruh penggunaan Multimedia, berikan contohnya masing-masing ?
5) Sebutkan dan jelaskan Struktur Industri Multimedia :
JAWABAN :
1) Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Fungsinya:
1.      Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
2.    Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek yaitu suara, video, animasi, teks dan grafik
3.      Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif
4.      Presentasi bisnis sehingga dapat meningkatkan kualitas dan daya saing perusahaan
2) Sejarah singkat Multimedia :
Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
·      Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
·         Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
·      Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
·    Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih outputdengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.
3) Sistem Multimedia Stan Alone adalah sistem computer multimedia yang memiliki minimal Storage (Harddisk, CD-Rom/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW) , alat input (keyboard, mouse, scanner, mic) dan Output (speaker, monitor, LCD, proyektor), VGA dan Soundcard.
Adapun karateristiknya yaitu :
•         Mempunyai sarana I/O (input/output) untuk menangkap data multimedia yang akan di proses
•         Pemisahan datadari proses playback
•         Data yang di olah adalah data mentah atau data baku
•         Memiliki bit rate yang sangat tinggi
–        NTSC (30 fps)
–        PAL (25 fps)
•         Data Video
secara harfiah data video adalah susunan gambar yang berurutan berdasarkan waktu.
•         Berdasarkan hal tersebut data video merupakan ukuran dari 2 jenis kapasitas yaitu:
      ü      Intra frame size
      ü      Inter frame size
•         Intra frame size
            Ukuran sebuah kapasitas gambar.
Dari contoh sebuah frame dengan ukuran 640 x 480, dengan kedalaman warna (colour depth) 24 bit, maka besar kapasitas dari gambar tersebut sebesar 7.372.800 bit atau 921.600 bytes.
•         Inter frame size
ukuran dari sebuah full motion dalam satuan waktu,  dimana frame ratenya bergantung dari bit rate yang digunakan apakah dengan NTSC atau PAL jika menggunakan PAL maka ukuran kapasitas video dengan ukuran 640 x 480, 24 bit dalam wtk 1 detik memiliki kapsitas  23.040.000 bytes, atau 21,.97 Mbytes
Dikarenakan data original tersebut sangat besar maka dilakukan proses pemampatan data atau yang disebut Kompresi.
Sistem Multimedia Berbasis Jaringan adalah sistem computer yang harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh : Video Converence dan Video broadcast.
Karakterisitiknya :
•         Data yang dikirimkan harus mengalami proses kompresi
•         Memerlukan Bandwidth yang sangat besar
•         Data multimedia bersifat data Stream
•         Mode pengiriman Data multimedia Berbasis Jaringan :
ü      Broadcast
ü      Multicast
ü      Unicast
ü      Multi Unicast
•         Jenis Aplikasi Pada Sistem Multimedia berbasis Jaringan
o       Video Conference
o       Video On Demand over web
o       CSCW (Computer Support Cooperative Work)
o       Video Broadcast
o       TV Over IP
o       VOIP
ModeTransmisi Data Stream:
o       Mode Transmisi Asycronous
o       Mode Transmisi Syncronous
o       Mode Transmisi Isocronous
4) Pengaruh multimedia banyak sekali, multimedia digunakan untuk berbagai bidang kehidupan mislannya dibidang pendidikan, bisnis, perdagangan, politik,  dsb.
Contoh:
Dalam Bidang Pendidikan atau pengajaran:
Dalam penyajiannya, multimedia pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi beberapa format, antara lain;
a. Tutorial
b. Drill dan Practice
c. Simulasi
d. Percobaan atau Eksperimen
e.  Permainan
Dalam Bidang Kesehatan :
Dalam bidang kesehatan multimedia dapat mendukung pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan, ilmu kesehatan, kantor pendidikan medis, perpustakaan ilmu kesehatan dan Fotografi Medis dan Pelayanan Produksi Median.
Multimedia membantu dalam departemen sistem kesehatan berbasis Web. Departemen  tersebut merupakan pusat Sistem Kesehatan yang mempromosikan jasa dan penelitian lewat situs Web Sistem Kesehatan.
Dalam Bidang Industri Kreatif Industri kreatif menggunakan multimedia untuk beragam kegunaan dari ilmu kesenian pada dunia hiburan, kesenian bernilai jual, jurnalistik, media dan pembuatan perangkat lunak.

Dalam Bidang EdukasiMultimedia digunakan dalam bidang edukasi untuk menghasilkan kursus pelatihan berbasis komputer (computer-based training courses, yang sering disebut sebagai CBTs), buku-buku referensi seperti ensiklopedia dan almanak. Edutainment (Education and Entertainment) merupakan istilah yang belum baku yang digunakan untuk menggambarkan gabungan edukasi dengan hiburan (entertainment), terutama hiburan multimedia.
Dalam Bidang Jurnalistik Perusahaan-perusahaan surat kabar di seluruh dunia telah mencoba untuk merangkul fenomena baru dengan menerapkan multimedia dalam pekerjaan.  Beberapa surat kabar besar seperti The New York Time, USA Today dan The Washington Post telah mengatur pola untuk menjadi yang terdepan dalam industri surat kabar dengan menghasilkan artikel multimedia untuk berita-berita terbaru mereka.
Dalam Bidang TeknikTeknik-teknik perangkat lunak telah menggunakan multimedia dalam simulasi komputer dari hiburan sampai pelatihan, seperti untuk militer atau pelatihan industri.
Dalam Bidang IndustriDalam sektor industri, multimedia telah digunakan sebagai salah satu cara untuk membantu menampilkan informasi kepada pemegang saham, atasan ataupun teman kerja. Multimedia sangat membantu untuk membuat pelatihan karyawan, mengiklankan dan menjual produk-produk di seluruh dunia melalui teknologi berbasis web.
Dalam Penelitian Matematika dan IlmiahDalam penelitian matematika dan ilmiah, multimedia pada umumnya digunakan untuk pemodelan dan simulasi. Sebagai contoh, ilmuwan dapat melihat model molekuler dari zat kimia utama dan memanipulasinya untuk mendapatkan zat kimia yang baru.
Dalam Ilmu KedokteranDalam ilmu kedokteran, dokter dapat dilatih dengan melihat operasi secara nyata atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia terpengaruh oleh penyakit yang disebarkan oleh virus dan bakteri dan mengembangkan teknik untuk melakukan langkah-langkah pencegahan.
Dalam Pencitraan BerkasPencitraan berkas (document imaging) merupakan suatu teknik yang mengambil gambar dan berkas dalam bentuk kertas untuk diubah menjadi bentuk digital (sebagai contoh scanner).
Penderita Cacat
Ability Media memungkinkan penderita cacat memiliki kualifikasi dalam bidang multimedia sehingga mereka dapat mengejar karir yang dapat memberikan akses untuk bentuk komunikasi yang kuat.

5) Struktur Industri Multimedia:
Level 1 : Content atau Media
Terdiri dari penyedia konten Multimedia, misalnya industri berita, industri televisi dan industri hiburan.
Level 2 : Applicaton/Software
- Terdiri dari pengembang aplikasi multimedia.
- Aplikasi termasuk pembelajaran jarak jauh, desktop videoconference, kios multimedia, hiburan dan pencitraan.
           Level 3 : Platform/Hardware
- Terdiri dari pembangun platform Multimedia
- Ini termasuk pembangun Silicon Graphics, Sun, Intel, Apple, dan vendor perangkat keras lainnya.
Level 4 : Networking
- Infrastruktur jaringan.
- Ada dua lingkungan jaringan yang sangat berbeda yang akan menggunakan Multimedia aplikasi:
– Bisnis jaringan dan
– Jaringan publik yang muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar